Sabtu, 01 Oktober 2011

KULINER

Bakpia Pathuk Kuliner Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

Bakpia Pathuk Kuliner Oleh-Oleh Khas Yogyakarta
         Bakpia merupakan kuliner yang terbuat dari adonan tepung terigu dan minyak kelapa yang dalamnya diisi dengan campuran kacang hijau dengan gula lalu dipanggang. Bila anda sedang mengunjungi yogyakarta, jangan lupa oleh-oleh Bakpia, karena bakpia merupakan kuliner oleh-oleh khas yogyakarta ini.
Di Yogyakarta yang terkenal kuliner bakpianya adalah bakpia pathuk karena penjual ataupun pembuatnya berada di jalan Pathuk makanya diberi nama bakpia pathuk ( sekarang ini jalan pathuk telah berubah nama menjadi jalan K.S Tubun ). Di sepanjang jalan ini baik disisi kanan maupun sisi kiri terdapat produsen dan penjual bakpia pathuk ini. Dan untuk membedakan bakpia pathuk yang satu dengan bakpia pathuk yang lain maka para pedagang bakpia ini mengunakan nomor rumah masing-masing, seperti misalnya bakpia pathuk 25 yang telah beroperasi sejak tahun 1949 dan ada pula bakpia pathuk 75.
Untuk rasa kuliner bakpia pathuk ini relatif sama satu dengan yang lainnya, jadi jangan bingung. Tetapi para produsen bakpia disana menyediakan bakpia-bakpia untuk dicicipi lebih dahulu oleh pembeli, sehingga para pembeli dapat mencoba rasa bakpia yang ditawarkan, sehingga para pembeli dapat membeli bakpia yang sesuai dengan seleranya masing-masing.
Harga untuk kuliner bakpia ini relatif juga sama, biasanya bakpia dijual dalam kemasan kotak kecil yang berisi 20 buah bakpia dengan harga kurang lebih 17.500 rupiah saja. Adapula produsen yang menawarkan harga yang lebih mahal sedikit dan ada yang lebih murah sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar